Antisipasi 'Amuk' Bromo, Kentongan Disiapkan

Senin, 29 November 2010

Awas Gunung Bromo (ANTARA/Musyawir)

-- Sejak Jumat 26 November 2010 pukul 17.40 WIB, Gunung Bromo terus bererupsi. Meski sifatnya minor dan tak sedahsyat Merapi, warga tak lantas menganggap remeh.
Warga di Kecamatan Poncokusumo, Malang, wilayah terdekat dengan Bromo terus melakukan langkah antisipatif, jika sewaktu-waktu Bromo 'mengamuk'.
"Bersama pihak terkait, kita sudah melakukan sosialisai. Tujuannya, agar semua warga memahami apa yang harus dilakukan saat Gunung Bromo dalam keadaan bahaya," kata Camat Poncokusumo, Malang Dwi Ilham saat dihubungi VIVAnews, Minggu 28 November 2010.
Masuk dalam sosialisasi itu antara lain, apa yang harus dilakukan warga jika harus dilakukan evakuasi.
Semalam, sosialisasi dilakukan di Dusun Jarak Ijo. Penduduknya yang berjumlah 469 orang mendapat arahan di rumah ketua RT. Sosialisasi itu diberikan antisipasi bahaya letusan Gunung Bromo.

"Semalam warga dikumpulkan, diberikan sosialisasi juga pembagian masker," kata terang Dwi Ilham.

Ditambahkan Dwi, ada dua desa di wilayah kecamatan tersebut yang jaraknya paling dekat dengan Bromo. Meski demikian, belum ada ancaman datang. Bahkan, abu vulkanik belum sampai ke wilayah itu.
"Mungkin karena letaknya diatas sekitar 8 kilometer, belum terasa ada abu di sini," terang Camat.

Meski demikian, masker pelindung pernafasan telah dibagikan ke warga. Termasuk, arahan jika sewaktu-waktu menghadapi bahaya.
Tak hanya itu, di seluruh wilayah Poncokusumo kini disiapkan kentongan. Untuk memudahkan penyampaian informasi, jika sewaktu-waktu ada bahaya.
Antisipasi juga dilakukan pihak Departemen Kesehatan. Tim yang dilengkapi rumah sakit lapangan dikirim ke wilayah Probolinggo.
Tim juga membawa1 ton obat-obatan, 3 ton makanan pengganti ASI, 50 ribu masker ke Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

Pengikut

 
 
 

SMS Gratis

BLog Dicky Widget

Chat Online Blogger

Info My Blog

free counters The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku online counter My Popularity (by popuri.us) Internet blogs