Bali Dikagumi di Negeri Piramida

Senin, 06 Desember 2010



Kairo - Keelokan Pulau Dewata, Bali, dikagumi di Negeri Piramida, Mesir, berkat fotografer Alia ‘Coucla’ Refaat. Perjalanan si cantik Coucla ke Bali mirip Elizabeth Gilbert dalam buku dan film dengan judul sama, "Eat, Pray and Love".

Foto-foto karya Coucla tentang Bali tersebut dipamerkan di Aula Balai Budaya KBRI Kairo. Pameran ini sebagaimana dituturkan Konselor Pensosbud Iwan Wijaya Mulyatno kepada detikcom, Minggu (5/12/2010), akan berlangsung selama sepekan sampai 11/12/2010.

Pameran dibuka oleh Wakil Menteri Kebudayaan Mesir Hossam Nassar bersama Dubes RI A.M Fachir, Sabtu (4/12/2010). Hadir pada pembukaan sekitar 300 tamu undangan, antara lain dubes negara sahabat seperti Australia, India, Thailand, Malaysia, Vietnam, para pejabat dan berbagai kalangan masyarakat Mesir.

Di hadapan para tamu undangan, Wakil Menteri Kebudayaan Mesir Hossam Nassar tak sanggup menyembunyikan kekagumannya pada Bali dan kepiawaian Coucla merekamnya.

"Karya-karya Coucla ini juga bisa menjadi jembatan bagi kedua bangsa untuk semakin mengenal kebudayaan masing-masing," ujar Nassar dalam sambutannya, seraya bertamsil a picture is silent but it tells a thousand stories (gambar itu diam, namun ia bertutur seribu kisah).

Duta Besar RI untuk Mesir A.M. Fachir menyampaikan rasa senangnya ketika Coucla pertama kali menghadap dirinya dan menyampaikan minat untuk mendokumentasikan Bali.

Hasilnya, menurut Dubes, karya fotografi Coucla tidak hanya memberikan deskripsi mengenai keindahan Bali, alamnya, tetapi juga berbagai objek pariwisatanya yang telah memikat jutaan turis mancanegara.

Lebih dari itu Coucla melalui lensa kameranya memperlihatkan apa yang sering kali terlewatkan dari esensi Bali itu sendiri, yaitu masyarakatnya dan juga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Bali merupakan contoh di mana budaya toleransi dan saling menghargai perbedaan tumbuh di tengah-tengah masyarakat, sebagaimana halnya dengan budaya toleransi yang berkembang di berbagai wilayah Indonesia yang mayoritas muslim," ujar Dubes.

Dubes Fachir mengibaratkan apa yang telah dilalui oleh Coucla di Bali mirip apa yang telah dilalui oleh Elizabeth Gilbert dalam bukunya, “Eat, Pray and Love”, seperti diperankan oleh Julia Roberts dalam film dengan judul sama.

"Di Bali, Coucla mendapatkan apa yang didapatkan oleh Elizabeth Gilbert, yaitu makanan yang enak, ketenangan hati dan rasa cinta," demikian Dubes.

Dubes mengajak tamu undangan mengikuti jejak perjalanan Coucla dengan menjadikan Bali sebagai tujuan utama perjalanan wisata mereka.

Lestarikan Bali

Melaui bidikan kameranya, Coucla, fotografer dokumenter wanita pertama Mesir itu bercerita mengenai kebudayaan, kesenian, serta berbagai keindahan alam Bali. Pemenang penghargaan kompetisi fotografer pada Pusat Kebudayaan El Sawy Culture Wheel Mesir (2004 dan 2006) itu juga tak melewatkan arsitektur khas Bali.

Hasrat Coucla mengabadikan Bali dalam foto dokumenter tesebut karena didorong pengetahuan dan ketertarikannya akan Bali, yang terkenal dengan The Island of Gods.

Awal Agustus 2010 Coucla terbang ke Bali. Semula dia berencana akan melakukan kegiatan fotografi selama sepekan, namun karena dia mendapati hampir semua daerah di Bali memiliki kehidupan seni budaya nan memesona, maka dia memperpanjang waktunya di Bali hingga dua pekan.

"Bali memang memiliki keindahan alam dan budaya tiada duanya, namun yang menjadikannya berbeda dengan tempat-tempat lain adalah orang-orang yang hidup di dalamnya," papar Coucla dalam sambutannya.

Coucla berharap melalui pameran fotografi ini dapat memperkuat semangat hubungan Mesir-Indonesia dan juga menjadi bentuk pelestarian kebudayaan Bali, yang sangat berharga.

Pembukaan pameran karya Coucla tersebut dimeriahkan dengan tarian Sekar Jagat dan diliput secara luas oleh berbagai media massa Mesir baik cetak maupun elektronik, antara lain Al-Ahram, Al-Akhbar, Youm Saby, dan Nile TV.

Pengikut

 
 
 

SMS Gratis

BLog Dicky Widget

Chat Online Blogger

Info My Blog

free counters The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku online counter My Popularity (by popuri.us) Internet blogs