Merapi Terpantau Landai Malam Ini

Senin, 15 November 2010


Jakarta - Meski intensitas masih tinggi, aktivitas Gunung Merapi terpantau relatif landai malam ini. Gunung paling aktif di Indonesia ini juga membuat kawasan Yogyakarta dan sekitarnya dilanda hujan abu tipis.

Berdasarkan data seismograf Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta , Senin (15/11/2010) dari pukul 00.00-20.00 WIB, sama sekali tidak terjadi awan panas.

Sedangkan untuk gempa vulnaik terjadi 24 kali. Guguran 20 kali dan tremor beruntun terus terjadi. Sementara itu titik api diam terus terpantau di puncak Merapi.

"Angin cenderung bergerak ke arah barat," ujar petugas piket BPPTK Yogyakarta, Sapari dalam perbincangan dengan detikcom.

Hujan abu dengan intensitas sangat tipis juga terjadi di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Berdasarkan pantauan detikcom di Berbah, Sleman debu yang jatuh dari langit tersebut, begitu lembut dapat terlihat melalui sorot lampu motor atau mobil.

Hujan abu ini tidak dapat dilihat secara kasat mata apalagi dalam kondisi malam hari namun dapat dirasakan dari rasa perih di mata. Semakin ke utara maka kadar hujan abu akan terasa semakin tebal.

Pengikut

 
 
 

SMS Gratis

BLog Dicky Widget

Chat Online Blogger

Info My Blog

free counters The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku online counter My Popularity (by popuri.us) Internet blogs